B.S.P. Corp.

SKB Menteri Jembatan Belum Disyahkannya RUU LKM

Posted on: April 20, 2009

Jakarta (7/1) Untuk menjembatani—belum disyahkannya Rancangan Undang-Undang Lembaga Keuangan Mikro (LKM) oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), pemerintah dalam waktu dekat akan mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Bank Indonesia (BI), Kementerian Koperasi dan UKM, Departeen Keuangan dan Departemen Dalam Negeri. Dengan adannya SKB tersebut, menurut Deputi Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram, permasalahan status kelembagaan yang dimiliki oleh lembaga keuangan mikro (LKM)/ Syariah bisa dijembatani.

“Beberapa waktu yang lalu kami dari masing masing pihak di Kementerian Koordinator Perekonomian telah membahasnya dan seharusnya tahun ini sudah selesai,” ujar Agus Muharram.

Tiadanya status hukum LKM/S sejauh ini berpengaruh pada operasional LKM/S sendiri—sehingga hal tersebut sering dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk meraup keuntungan.

Beberapa LKM/S enggan menjadi BPR/S atau Koperasi Simpan Pinjam (KSP) karena selama ini karakter dari LKM/S bebeda dengan BPR/S atau koperasi. Menurut data dilapangan hingga kini tercatat 600 ribu LKM/S masih menggantung nasib status badan hukumnya.

Dengan SKB tersebut, Agus Muharram menambahkan, BI akan memfasilitasi LKM/S untuk menjadi BPR/S sedangkan untuk Kemenengkop akan menfasilitasi LKM/S untuk menjadi Koperasi Simpan Pinjam (KSP). Sedangkan peran Departemen Dalam Negeri, Departemen Keuangan dan Kemenengkop diberikan kewenangan hak inisiatif terhadap RUU LKM tersebut.

Sementara secara terpisah KH Mahmud Ali Zein, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang merupakan ketua panja RUU LKM sangat setuju dikeluarkannya SKB tersebut dan itu merupakan salah satu solusi.

“Tapi bagi—LKM/S yang tidak serumpun dengan BPR/S dan koperasi saya menghimbau untuk dibawah naungan departemen keuangan. Sekali SKB merupakan gagasan yang spektakuler di tahun 2009,” katanya. (Agus Y www.pkesinteraktif.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

April 2009
M T W T F S S
« Mar    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
%d bloggers like this: