B.S.P. Corp.

BMT Ummat Ekspansi di 12 Daerah

Posted on: April 20, 2009

Kendari,KP
Tahun 2009 ini, banyak lembaga keuangan mikro mengembangkan usahanya. Salah satunya BMT Ummat Kendari, akan membuka 14 cabang tahun ini di Sultra.
Direktur BMT Ummat Kendari, Siti Ramlah menjelaskan, pihaknya menargetkan akan membuka cabang di 12 kabupaten/kota tahun ini. “Kalau di Kendari kami membuka 4 unit lokasinya  diantaranya Pasar Baruga dan Andounohu. Kemudian di daerah lain merupakan cabang pembantu,” terang Siti Ramlah  akhir pekan lalu.
Menurutnya,  hadirnya BMT Ummat di sejumlah pasar tradisional, tentunya akan mempermudah akses para pedagang mendapatkan tambahan modal. Demikian rencana pembukaan cabang di beberapa kabupaten, diharapkan bisa membiayai usaha mikro setempat. Yakni bagi mereka yang selama ini ingin mengakses dana dari bank, namun  tidak memiliki persyaratan lengkap kiranya bisa dibiayai oleh BMT.
Lembaga keuangan mikro syariah ini belum genap satu tahun di Kota Kendari. Namun telah sanggup melakukan pembiayaan sekitar Rp 1,7 miliar kepada seribu lebih pelaku usaha mikro di Kendari. Besar pinjaman yang diberikan bervariasi mulai Rp 500 ribu – Rp 5 juta.
Hingga saat ini total aset BMT Ummat sudah mencapai Rp 1,1 miliar. Kemudian untuk dana pihak ke tiga (DPK) yang dihimpun dari masyarakat sekitar Rp 700 juta.
Melalui ekspansi di sejumlah wilayah tersebut, BMT Ummat akan menawarkan investasi kepada masyarakat. Yaitu berupa penjualan sertifikat senilai Rp 10 juta. Nantinya hasil dari modal tersebut akan dibagikan setelah akhir tahun.
Saat ini pun kepedulian BMT Ummat kepada nasabah bukan sebatas membantu pembiayaan. Namun mereka pun diedukasi untuk gemar menabung dan berzakat. Setidaknya dalam setiap transaksi pembiayaan disisipkan uang tabungan dan zakat seikhlasnya oleh  nasabah. “Minimal zakatnya Rp 500 setiap transaksi. Cara ini mendidik mereka untuk bersedekah,” katanya
Rencananya mulai tahun ini, dana zakat ini akan dihimpun dan dipinjamkan kepada usaha mikro yang  sangat tidak mampu, dan mereka mengembalikan dana tersebut tanpa dikenakan uang bagi hasil atau dikembalikan sesuai uang pinjaman sebelumnya.
“Orentasi BMT Ummat bukan hanya mencari provit dari pembiayaan. Tapi kami juga punya tujuan membantu ummat, yakni dengan mengumpulkan zakat untuk disalurkan kepada mereka yang tidak mampu,” tambahnya. (lis/lan)

http://www.kendaripos.co.id/index.php?pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=10097

Software BMT Free Download…!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

April 2009
M T W T F S S
« Mar    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
%d bloggers like this: